Jumat, 08 Juni 2012

Selingan di Antara Menulis

Menulis pun bisa menjemukan! Pastinya banyak yang setuju dengan hal tersebut. Walaupun mungkin adapula yang heran mengapa bisa demikian? Wajar saja, seperti halnya pekerjaan lain yang rutin dilakukan, ada kalanya kejenuhan menulis melanda seseorang yang berani melabelkan dirinya sebagai seorang penulis.

Sering sekali saa membaca komentar teman-teman penulis di status mereka kalau mereka sedang bosan. Sedang bete menulis dan tidak tahu mengapa kreativitas yang biasanya terasa mudah saja mengalir justru mengalami kebuntuan. Terus terang saya pun pernah mengalami hal demikian.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini. Masing-masing orang tentu memiliki cara berbeda untuk menghadapinya. Ada yang mengisinya dengan jalan-jalan atau liburan sebagai selingan. Ada pula yang menulis sesuatu yang berbeda dengan yang biasanya dia tulis. Misalnya jika biasanya dia menulis tentang genre ala chicken soup, kini dia menyelingnya dengan membuat cerpen anak. Sekadar untuk mencari suasana baru. syukur-syukur tulisan selesai dan bisa menjadi tambang baru penghasil uang :)

Saya pribadi, mengatasi kejenuhan menulis dengan mengalihkan fokus pada acara beres-beres buku dan rak. Kami memang mempunyai semacam perpustakaan keluarga. Berisi kumpulan buku-buku anakku, suami dan bukuku juga. Kalau ditotal mungkin jumlahnya sudah mencapai angka ribuan atau bahkan puluhan ribu.

Buku-buku itu juga dimanfaatkan masyarakat sekitar dan murid-muridku. Saya memang memiliki tempat bimbingan belajar untuk anak-anak SD. Karena itu setiap hari ada saja murid yang 'main' ke rumah. Kebayang kan kalau murid bubaran, pasti buku-bukunya jadi berantakan. Nah acara beres-beres ini bisa menjadi selingan di antara menulis.

Dan percaya atau tidak, saya kadang menemukan banyak ide saat acara rapi-rapi ini. Beresin buku ini, kepikiran bikin buku A, beresin buku tema itu kepikiran bikin buku B. Pokoknya ada saja ide berkelebat saat itu. Bahkan tak ayal, acara beres-beresnya bisa tertunda karena asyik menyimak buku-buku itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar