Jumat, 01 Juni 2012

Ide Menulis Buku Matematika

Ide menulis buku bertema matematika berawal dari kesenanganku pada matematika. Seingatku, sejak kecil, saya senang dengan matematika. Seru saja rasanya saat berhasil menyelesaikan suatu soal, apalagi jika berhasil memperoleh nilai tinggi atas pencapaian itu.

Kecintaan itu lalu berujung saat saya membuka les sempoa awal tahun 2000-an. Saat itu sempoa memang sangat booming. Muridku mencapai ratusan orang dan sempat membuka 4 cabang dan mempekerjakan beberapa guru tambahan.

Berkutat kembali dengan angka-angka dan berinteraksi dengan murid ternyata sangat menarik dan menantang. Senang sekali rasanya saat menyaksikan murid yang saat datang tidak mengerti sesuatu menjadi pintar dan percaya diri. Tapi sempoa tentu berbeda dengan matematika. Sempoa itu hanya menyangkut sebagian aspek dari matematika yaitu berhitung. Dari situ saya melihat beberapa murid kesulitan saat menghadapi konsep-konsep matematika lainnya seperti geometri, pecahan, dan lain-lain.

Dengan niat membantu murid, saya lalu mulai memikirkan cara untuk membantu mereka mengerti matematika. Dengan bantuan alat peraga matematika sederhana, saya pun mulai membimbing siswa dalam kegiatan semacam math club.

Dari kegiatan di math club itu, akhirnya terpikirkan untuk membukukannya. Saya pun teringat dengan hobi saya yang lain. Menulis. Ya, sejak kecil saya memang sudah suka menulis. Klop, hobi yang satu digabung dengan hobi lainnya. Buku pertama bertema permainan matematika itu pun akhirnya terbit tahun 2003.

Sejak itu, beberapa buku matematika lainnya juga menyusul. Semuanya berdasarkan pengalaman berinteraksi dengan murid. Senang sekali rasanya bisa berbagi bersama pembaca.

Kini selain menulis buku, saya pun mulai menulis blog matematika. Dan ternyata antusiasme pembaca sangat luar biasa. Terbukti dari kunjungan perbulan yang sudah mencapai 1500 pengunjung. Kunjungi blog matematikaku di sini ya :)

Nah, mungkin Anda pun memiliki hobi lain? Memasak dan membuat barang kerajinan, misalnya, dapat dijadikan peluang untuk menulis buku tema hobi dan keterampilan. Banyak lho penerbit yang mencari buku-buku bergenre seperti itu.

Latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang Anda tekuni saat ini juga dapat dijadikan peluang untuk menulis buku. Jadi buku apa yang ingin Anda tulis?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar