Kamis, 09 Januari 2014

Cikotok, Potensi Wisata Tambang

Ini adalah bagian kedua dari cerita tentang Cikotok saat ini. Cerita bagian pertamanya bisa dibaca di sini.

Seperti sudah diceritakan sebelumnya, Cikotok saat ini sudah ditinggalkan oleh PT Aneka Tambang. Tapi potensi emas di daerah ini sebenarnya belum berakhir. Buktinya masih banyak terdengar cerita kesuksesan penambang emas liar yang menemukan hasil galian dengan kandungan emas tinggi.

Mungkin timbul pertanyaan, jika demikian mengapa PT Antam meninggalkan Cikotok kalau memang ternyata masih mengandung emas? Seperti halnya industri lain, industri pertambangan pun tentu saja menerapkan prinsip ekonomi dalam menentukan untung rugi jalannya perusahaan. Walaupun daerah ini terbukti masih bisa menghasilkan emas, tapi secara ekonomis tidak menguntungkan untuk dikelola. Dengan kata lain potensi kandungan emasnya sudah tidak layak secara industri.


Cikotok pun sepi dari hiruk pikuk pekerja tambang. Beberapa mess dan perumahan yang tadinya dipenuhi karyawan, kini terlihat kosong tak terawat. Beberapa dialihfungsikan untuk kepentingan masyarakat sekitar termasuk bekas kantor Unit Pengolahan Emas Cikotok PT Antam yang kini berubah menjadi bangunan SMKN 1 Cibeber.

Penulis menyempatkan berfoto di depan mess geologi UPEC PT Antam di Pasir Laban yang kini dibiarkan kosong.

Sebenarnya geliat pertambangan tidak sepenuhnya lenyap dari tempat ini. Beberapa gurandil (sebutan untuk penambang emas liar atau PETI/ penambang emas tanpa izin) masih terlihat mondar-mandir. Baik ketika berbelanja, mengangkut logistik ke lokasi lubang penggalian maupun mengangkut karung-karung hasil penggalian.

Mengingat nama besar Cikotok yang sudah tertanam di sebagian besar masyarakat Indonesia serta geliat pertambangan yang masih berdenyut, tak ada salahnya menjadikannya sebagai salah satu destinasi tujuan wisata pertambangan.


Beberapa peninggalan seperti mesin-mesin dan aset bangunan bisa dijadikan sarana pembelajaran dan pengenalan dunia tambang pada generasi muda. Wisatawan pun dapat diajak untuk mengunjungi beberapa lumbang tambang, tentu saja dengan memastikan keamanannya terlebih dahulu. Kegiatan penambangan yang dilakukan rakyat juga bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi wisatawan. 

Dulu 'lift' ini dipergunakan untuk mengangkut pekerja ke terowongan bawah tanah.

Konon di sini ada 'conveyor belt' untuk mengangkut hasil penggalian dari terowongan menuju pabrik pengolahan di Pasir Gombong.

Selain itu, Cikotok memiliki alam cukup indah dan udara sejuk. Jalan berkelok dan naik turun, khas daerah pesisir selatan Pulau Jawa memberikan pemandangan indah bagi mata.


Apabila Cikotok bisa menjadi destinasi wisata pertambangan, tentunya ini dapat mendatangkan keuntungan bagi warga sekitar. Bukan tidak mungkin, ‘emas’ dalam bentuk lain kembali memakmurkan masyarakat Cikotok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar