Rabu, 01 Mei 2013

Pelatihan Menulis Anak Bersama WTC

Sudah beberapa kali bekerja sama dengan Writing Training Centre mengadakan pelatihan menulis, kali inipun kerjasama terjalin kembali. Semuanya berawal dari permintaan beberapa peserta saat pelatihan sebelumnya. Waktu itu beberapa orangtua mengharapkan pelatihan yang lebih intensif. Bahkan beberapa anak ternyata sudah mulai menghasilkan tulisan. Dan rupanya mereka berkeinginan tulisan mereka itu dapat diterbitkan dalam bentuk buku.


Pelatihan diadakan selama 2 hari. Hari pertama, saya memperkenalkan kepada para peserta tentang unsur-unsur dalam sebuah cerita. Mereka pun diminta untuk mengenal unsur-unsur tersebut dalam sebuah cerita ataupun film singkat. 

Pada hari kedua, peserta pelatihan lebih banyak melakukan praktik menulis. Mulai dari menuliskan kembali cerita yang mereka baca, menuliskan ide mereka sendiri dan menulis kreatif. Saya pun menyelipkan permainan sederhana namun menarik dan masih berhubungan dengan dunia menulis yaitu dengan meminta para peserta membuat cerita berantai.

Pada sesi kedua ini juga, saya mengenalkan pada anak teknik menulis yang tepat. Mereka jadi tahu cara menset tulisan mereka menggunakan word yang lazim digunakan dalam dunia menulis. Tujuannya untuk menjadikan tulisan mereka enak dipandang oleh editor saat naskah mereka masuk ke penerbit. Karena tujuan pelatihan ini memang dimaksudkan untuk membantu menerbitkan naskah para peserta.

Semua peserta nampak sangat menikmati kebersamaan selama dua hari itu. Mereka banyak mendapat ilmu, bermain, bercanda dan menemukan teman baru. Bahkan beberapa diantaranya terlihat sangat akrab, bahkan diselingi ledek meledek khas anak-anak. Lihatlah keceriaan di wajah mereka. Semoga dari pelatihan ini akan muncul bibit-bibit baru penulis berbakat. Amin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar